Ketua DPRD Lamteng Imbau Warga Tak Takbir Keliling dan Salat Ied di Rumah

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Di tengah pandemi virus corona, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Tengah, Sumarsono mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan takbir keliling dan untuk salat Ied di rumah.

Menurut Sumarsono, ini merupakan tindaklanjut imbauan yang telah disampaikan oleh Presiden Jokowi, Kapolri Jendral Idham Aziz dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi prihal pelaksanaan pengendalian dampak Covid-19 pada kegiatan keagamaan, ekonomi, sosial dan budaya.

“Saya minta, kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan takbir keliling di jalan raya mau pun takbir keliling berjalan kaki dan tidak berkerumun. Takbirannya di rumah saja ” ujar Sumarsono, Sabtu (23/05/2020).

“Saya juga mengimbau masyarakat untuk salat Idul Fitri di rumah. Jangan di masjid atau di fasilitas umum lainya. Karena virus ini sangat nyata walau tidak tampak, di kabupaten kita sudah ada 21 yang terkonfirmasi positif Covid-19. Saya dengar hari ini ada dua orang warga yang reaktif dan masih menunggu hasil swap,” imbuh Sumarsono.

Ia berharap, masyarakat Lampung Tengah tetap mengumandangkan takbir, tahmid dan tahlil saat malam Idul Fitri sebagai tanda syukur sekaligus doa agar pandemi Covid-19 segera diangkat oleh Allah.

“Mengumandangkan takbir dapat dilaksanakan di rumah masing-masing. Di masjid atau musholla oleh petugas takmir masjid dengan menerapkan protokol kesehatan serta melalui media elektronik dan media digital,” paparnya.

Sumarsono menambahkan, Tim Gugus Tugas Covid-19 bakal menertibkan masyarakat yang tidak mematuhi himbauan pemerintah. “Saya minta Gugus Tugas dalam garda terdepan, ada aparat polisi yang harus laksanakan maklumat kapolri untuk menertibkan. Kita semua bertanggungjawab atas kesehatan masyarakat. Sudah 21 orang warga yang positif. Kalau satu warga terpapar dan menyebar dengan bersentuhan, maka akan lebih banyak lagi yang terpapar,” tegasnya. (cw26/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *