PLN Rumbia Tegaskan Seluruh Pelayanan Gratis

Radarlamteng.com, RUMBIA – PLN ULP Rumbia Cabang Metro memastikan seluruh pelayanan yang diberikan kepada pelanggan tidak dikenakan biaya atau gratis.

Hal ini dikatakan Manager PLN ULP Rumbia, Joy Arlon Tampubolon di kantornya, Senin (18/5/2020).

Salah satu pelayanannya, adalah migrasi kwh meter pascabayar ke kwh meter prabayar serta pemeliharaan kwh meter bagi pelanggan.

Menurut Joy, penegasan ini untuk menampik kabar yang menyatakan ada oknum petugas PLN yang melakukan pungutan seperti yang diberikan salah satu media di Lampung.

“Jika memang benar ada (oknum pungli), laporkan ke kami dan harus disertakan bukti yang kuat. Nanti saya beri peringatan bahkan bisa sanksi pemecatan kepada petugas yang bersangkutan,” ucapnya.

Dikatakan Joy, dalam berita itu juga tertulis oknum petugas meminta bayaran Rp100 ribu per kwh meter. Kemudian telah menarik pungutan kepada 1.000 pelanggan.

Namun, menurutnya, tidak disebutkan secara jelas apakah oknum itu memungut saat migrasi atau pemeliharaan kwh meter.

“Kita saja mulai awal Januari 2020 ini baru melakukan pemeliharaan kwh meter dengan jumlah puluhan. Ratusan saja belum, apalagi ribuan,” katanya.

Dijelaskan dia, migrasi merupakan ganti kwh meter lama ke kwh meter prabayar. “Kalau pemeliharaan , adalah pergantian kwh meter jenis yang sama karena ada kerusakan. Seperti tombol tidak fungsi dan kaca burem,” jelasnya.

Ditegaskan dia, dalam migrasi ataupun pemeliharaan kwh meter, pelanggan hanya dikenakan biaya untuk pembelian materai saja yang ditempel dalam surat pernyataaan. “Setelah itu tidak ada biaya lagi,” jelasnya.

Hingga saat ini, PLN ULP Rumbia tercatat memiliki 81 ribu pelanggan yang wilayah pelayanannya mencakup sebagain Lampung Timur, wilayah timur Lampung Tengah dan Dente Teladas Tulang Bawang. 

Adapun jumlah pelanggan yang menggunakan kwh prabayar sekitar 41 ribu pelanggan. “Sisanya masih kwh yang lama,” jelasnya.

Bagi pelanggan yang ingin migrasi kwh lama ke kwh prabayar bisa hubungi PLN melalui cal center atau website resmi. “Termasuk untuk pemeliharaan kwh meter. Kami siap melayani tanpa pungutan biaya,” pungkasnya. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *