Harga Singkong di Anaktuha Anjlok


Radarlamteng.com, ANAKTUHA – Singkong kembali mengalami pergolakan harga. Di sejumlah daerah di Lampung Tengah harga singkong saat ini mengalami penurunan dari sebelumnya Rp 700-800,-/Kg turun menjadi Rp 600,-/Kg.

Dari pantauan radarlamteng.com di pengepul singkong (lapak) yang ada di Kampung Banyuwangi Kecamatan Anaktuha, penurunan harga singkong sudah berjalan hampir sepekan terakhir. Dan kemungkinan masih akan mengalami penurunan lagi pada awal bulan Maret nanti.

Suparman, pemilik lapak singkong mengeluhkan turunnya  harga singkong. Lapaknya yang sudah berdiri sejak tahun 1990 terus sulit mendapatkan harga singkong yang bagus. Pihaknya meminta pemerintah menjembatani dengan perusahaan atau pabrik singkong tidak anjlok.

“Dengan adanya penetapan harga maka petani singkong di daerah tidak was-was, karena kasihan juga petani singkong yang akhirnya merugi dari modal yang harus dikeluarkan dengan hasil panen singkong setelah dijual,” jelasnya.

Dia menjelaskan harga singkong pernah mengalami kenaikan harga mencapai 700-800/kg pada minggu lalu. Ia memperkirakan harga singkong pada awal bulan ini akan kembali turun. Penurunan harga singkong diketahui adanya pemberitahuan dari pihak perusahaan.

“Harga singkong saat ini susah diprediksi dan kami hanya mengikuti harga dari perusahaan atau pabriknya,” pungkas Suparman disela kesibukannya menerima menimbang singkong petani yang dijual. (sci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *