Cegah Korban Kejahatan Seksual, LPA Lamteng Gelar Sosialisasi UU Perlindungan Anak

Radarlamteng.com, TRIMURJO – Dalam upaya pencegahan anak berkonflik hukum, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) menggelar sosialisasi undang-undang Perlindungan Anak serta pencanangan kampung peduli anak, Minggu (02/02/2020).

Sosialisasi yang di gelar di Aula Balai Kampung Tempuran tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Lamteng Sumarsono, Kapolsek Trimurjo AKP Kurmen Rubiyanto, SH,MM, Camat Trimurjo Wanda Rusli, S.Sos, Kakam Tempuran Selamet Widodo, serta masyarakat kampung setempat.

Pada kesempatan itu, Ketua LPA Lamteng Eko Yuono berpesan kepada seluruh orang tua yang memiliki anak remaja terutama masih di bawah umur untuk selalu mengontrol pergaulan anak di luar rumah.

“Ini adalah langkah konkrit kita untuk upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama para orang tua agar bener- benar peduli dengan anak-anaknya terutama tentang pergaulan di luar rumah,” terang Eko.

Di lanjutkan Eko, dari data yang ia miliki ada sekitar 90 persen lebih tersangka tindak pidana yang terjadi terhadap anak di bawah umur. “Tersangka anak maupun dewasa mereka tidak mengerti (faham) kalau ancaman hukuman nya itu bisa mencapai 15 tahun bahkan sampai di kebiri,” tandasnya.

Eko berharap, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng dan juga elemen masyarakat untuk dapat bergandeng tangan dalam upaya mencegah tindak kriminal terutama tindak pidana asusila terhadap anak.

“Kami mendorong kepada semua elemen, baik Pemkab, camat, kakam dan juga dinas terkait, untuk selalu bergandeng tangan dalam upaya mencegah terjadinya korban kejahatan seksual,” pungkasnya. (cw29/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *