BPS Gelar Workshop Publisitas Data Pemetaan Wilayah Kerja Statistik

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – BPS Lampung Tengah melaksanakan workshop pemetaan wilayah kerja statistik Sensus Penduduk 2020 dan data perkembangan desa untuk wilayah Lampung Tengah.

Workshop di Hotel Arinas Bandar Lampung dari tanggal 5 hingga 7 November 2019 ini diikuti oleh semua pegawai di lingkungan BPS Lampung Tengah.

Workshop mengahadirkan pemateri infografis dari BPS Provinsi Lampung, Ivan Sihaloho untuk memberikan materi tentang visualisasi data di erea media sosial dan teknik membuat infografis dengan aplikasi software adobe illustrator.

Kepala BPS Lampung Tengah, Muhammad Sholihin, S.E.,M.M menjelasakan tujuan kegiatan workshop ini untuk mengsingkronisasikan data hasil pemetaan wilayah kerja statistik dan data perkembangan desa di 314 kampung yang telah dilakukan oleh BPS Lampung Tengah pada Mei hingga Juli lalu.

“Adapun data yang telah dikumpulkan yaitu terbentuknya pemetaan di seluruh kabupaten Lampung Tengah, yang sudah dikunjungi dan dikelilingi oleh petugas lapangan untuk menjadi wilayah kerja statistik. Baik untuk penentuan sampel survey maupun sensus yang akan dilaksanakan oleh BPS,” jelas Sholihin.

Selain itu juga data-data penting untuk mengukur indeks kesulitan geografis (IKG) di desa. Seperti ketersedian pelayanan dasar terkait sarana pendidikan dan kesehatan, kondisi Infrastruktur, yang meliputi infrastruktur yang terkait dengan fasilitas kegiatan ekonomi dan ketersediaan energy, serta aksesibilitas atau transportasi, yang meliputi aksesibilitas jalan dan sarana transportasi yang dapat dilalui masyarakat di kampung. Baik untuk menunjang aktivitas sehari-harinya maupun usaha masyarakat. (rls/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *