Komisi IV Bakal Panggil OPD Mitra Kerja

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Komisi IV DPRD Lampung Tengah bakal memanggil sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Lamteng yang menjadi mitra kerja.

Ketua Komisi IV, Wayan Eka Mahendra menjelaskan bahwa ia telah melakukan rapat internal komisi untuk menyusun program kerja dalam satu bulan kedepan. Disepakati bahwa, Komisi IV akan melakukan pemanggilan tersebut yang sekaligus untuk melakukan tatap muka (perkenalan) sebagai mitra kerja.

“Kami sudah melakukan rapat internal untuk menyusun sejumlah agenda kerja komisi kedepan. Di awal ini, kami akan undang para kepala OPD yang menjadi mitra kerja kami untuk mempererat silaturahmi, tatap muka dulu kita, berkenalan dengan rekan-rekan OPD di eksekutif,” ujarnya, (22/10/2019).

Disamping itu, ia menjelaskan bahwa komisi IV akan memprioritaskan pengawasan terhadap semua program yang dilaksanakan oleh mitra kerja. Apa lagi kepada OPD yang ada kaitanya dengan program Nawa Cita Presiden yang menjadi prioritas.

“Salah satunya pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang memprioritaskan enam program yang merujuk pada Nawa Cita. Seperti PIP lalu pemajuan kebudayaan dan digitalisasi sekolah, penguatan pendidikan karakter, zonasi pendidikan dan revitalisasi pendidikan vokasi. Kami akan tingkatkan pengawasan, untuk memastikan bahwa program pemerintah pusat benar-benar on the track di Lampung Tengah, dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Sejumlah program yang muncul ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan bagi seluruh anak bangsa. Seperti PIP yang dirancang untuk membantu anak usia sekolah dari keluarga miskin dan rentan kemiskian, agar tetap mendapatkan layanan pendidikan formal dan non formal.

“Program itu, tidak hanya menyasar daerah perkotaan tapi juga daerah terdepan, terluar dan tertinggal. Termasuk di daerah kita. Kami akan memastikan apakah program pemerintah betul-betul tepat sasaran, jika tidak kenadalanya apa, akan kita urai, kita cari solusinya,” paparnya.

Adapun mitra komisi IV meliputi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Pemuda dan Olahraga, Bagian Administrasi dan Kemasyarakatan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Bandan Penanggulangan Bencana Daerah. (cw26/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *