SMKN 1 Seputihagung Lakukan Kunjungan Industri ke 6 Perusahaan Besar

Radarlamteng.com, SEPUTIHAGUNG – SMKN1 Seputihagung terus melakukan terobosan dan inovasi dengan dunia usaha dan industri. Hal ini untuk penyelarasan kurikulum dengan dunia industri yang telah digulirkan dalam workshop pada 24 Agustus 2019 di BBC Hotel Lampung Tengah.

Kunjungan industri bertujuan pengenalan kepada siswa tentang budaya industri sebelum anak melaksanakan praktik di dunia usaha dan industri. Terkait hal ini SMKN 1 Seputihagung melakukan kunjungan industri di 6 perusahaan besar pada 14-17 Oktober 2019.

Untuk program keahlian daring dan pemasaran kunjungan industri dilakukan di pabrik Pocary Sweet di Sukabumi Jawa Barat. Lalu dari program keahlian teknik pengelasan kunjungan industrinya di PT Bukaka Engineering di Cileungsi Bogor. Kunjungan dilanjutkan ke Astra Daihatsu Motor Sunter Jakarta Utara dan Mitsubishi Berlian Motor Jakarta Timur untuk Program Teknik Otomotif Kendaraan Ringan.

Sementara untuk program teknik komputer dan informatika (multi media dan teknik komputer jaringan) kunjungan ke Pustikom Ciputat Tangerang Selatan. Kemudian untuk Teknik dan Bisnis sepeda motor kunjungan ke PT Astra Honda Motor di kawasan MM2100 Cibitung Bekasi.

Kepala SMKN 1 Seputihagung Drs. Edy Cristanto, M.Pd., mengutarakan bahwa kunjungan industri sasaranya siswa mengetahui apa yang harus dikerjakan nanti pada saat praktik. Disamping itu, kata Edy, kunjungan industri juga bisa dimanfaatkan oleh sekolah untuk melakukan berbagai kerja sama.

“Seperti program penyelarasan kurikulum, guru magang, praktik siswa maupun penempatan lulusan yang ingin bekerja di industri tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, kunjungan industri wajib dilakukan oleh semua  siswa kelas XI yang akan melaksanakan praktik di dunia usaha dan industri. Setelah kunjungan siswa diajak wisata di sekitar Jakarta seperti Monumen Nasional, TMII, Museum Pancasila Sakti dan ikut acara live di salah satu stasiun TV nasional. Termasuk wisata di kota tua Jakarta yang menjadi warna baru bagi siswa dan guru dalam melihat serta mengikuti progam live media elektronik. (sci/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *