SMK Pangudi Luhur Peringati Hari Batik Nasional

Radarlamteng.com, SEPUTIHMATARAM – Banyak cara untuk memperingati Hari Batik Nasional. Mulai dari memakai seragam batik, parade busana sampai pameran hasil lukisan batik. Seperti para pelajar dari SMK Pangudi Luhur Seputihmataram, di hari Batik Nasional ini mereka mengenakan batik saat menjalani kegiatan belajar mengajar. Para pelajar ini juga, memajang karya gambar desain poster.

Nurmanto, Kepala Program Rekayasa Perangkat Lunak, SMK Pangudi Luhur Seputihmataram menerangkan bahwa menindak lanjuti instruksi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung bahwasanya semua instansi sekolah wajib memperingati Hari Batik Nasional.

“Ini bertujuan untuk mengenalkan Budaya Indonesia di dunia pendidikan. Jadi perserta didik mengenal budaya budaya yang ada Indonesia. Salah satunya batik yang kita kenakan pada hari ini,” ujar Nurmanto, Rabu (02/10/2019).

Selain itu, ada sejumlah kegiatan yang dilakukan untuk memperingati Hari Batik Nasional. Pelajar SMK Pangudi Luhur diwajibkan membuat kreasi-kreasi Batik dengan menggambar batik. Lalu kegiatan praktek pembuatan motif batik dari berbagai daerah.

“Antusias anak-anak didik kami untuk mengikuti kegiatan ini luar biasa. Mereka terlihat bersemangat membuat kreasi-kreasi batik sesuai imajinasinya yang dituangkan dalam bentuk gambar dan media kain,” imbuhnya.

Sementara Fajar Widi, siswa Kelas XI mengaku bahwa Batik merupakan seni yang mengekspresikan dari imajinasi seseorang berupa gambar. Batik Nasional ini bisa menjadi pemersatu bangsa.

“Batik merupakan peninggalan leluhur Bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan dan jangan sampai budaya bangsa ini dijiplak oleh negara lain. Dengan adanya batik ini semoga bisa mempersatukan seluruh warga negara Indonesia,” terangnya. (cw26/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *