Terkait Demo Tuntutan Siswa SMA N 1 Terbanggibesar, Ini Kata Ketua Komite

Radarlamteng.com, TERBANGGIBESAR- Ratusan siswa SMA N 1 Terbanggibesar, Senin pagi (9/30/2019) menggelar aksi demo di depan halaman sekolah setempat. Mereka menuntut transparansi penggunaan anggaran komite yang dinilai tidak jelas.

Terkait hal itu, Ketua Komite SMA N 1 Terbanggibesar, Asep Rahmadin angkat bicara. Ia mengatakan, siap mengawal tuntutan siswa.

“Salah satu tuntutan mereka (siswa), pertama transparansi anggaran, kemudian kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang tidak di backup total oleh pihak sekolah,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini siswa mengajukan proposal ke pihak sekolah namun ditolak. Meski anggaran ada dan dikelola pihak sekolah.

Komite, lanjut Asep, mulai tahun 2016 tidak mengelola sumbangan komite. Semua pengelolaan anggaran dari pihak sekolah.

“Kami dari tahun 2016 tidak mengelola sumbangan komite atau istilah saat ini sumbangan sekolah. Semua pihak sekolah yang mengelola. Tuntutan siswa itu, meminta pihak sekolah transparan terhadap anggaran,” tambahnya.

Asep menandaskan, siap mendukung apa yang menjadi tuntutan siswa. “Ini merupakan aspirasi siswa yang selama ini terpendam. Saya dukung, karena ini merupakan bentuk kekecewaan siswa agar kedepan pihak sekolah lebih memperhatikan lagi apa yang menjadi kebutuhan dari siswa,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala SMA N 1 Terbanggibesar Stefanus Wasito, menepis terkait tidak transparannya penggunaan sumbangan sekolah. Menurutnya, semua kegiatan telah di backup pihak sekolah, seperti kegiatan paskibra dan lainnya.

Terkait soal pengajuan proposal ekskul yang ditolak, Stefanus mengatakan selama ini proposal tersebut tidak pernah sampai di tangan kepala sekolah.

“Ini hanya soal Miss komunikasi, proposal siswa itu hanya sampai ditangan Waka Kesiswaan. Itu tidak benar, selama ini kami penuhi apa yang menjadi kebutuhan siswa. Untuk ekskul, selama itu demi kemajuan sekolah kami dukung, bahkan jika ada pelatih dari luar yang bagus kita ambil. Jadi tidak ada ekskul yang tidak kita biayai,” tandasnya.

Sebelumnya, ratusan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Terbanggibesar, menggelar aksi demo, Senin (30/09/2019). Mereka menuntut kepala sekolah setempat, Stefanus Wasito transparan dalam pengelolaan anggaran.

Ratusan siswa yang berdemonstrasi itu, membawa dan membentangkan spanduk serta poster dengan tanda pagar (Tagar) #entahapayangmerasukimu.

Beragam tulisan pun terpampang jelas pada spanduk dan poster yang dibentangkan siswa-siswi sekolah setempat.

‚ÄúCintaku ke kamu aja terang-terangan masak uang komite dan dana BOS main gelap-gelapan. Lalu ada juga spanduk bertuliskan, cintaku aja ada penjelasan masak komite gak. Kalo dana BOS tidak keluar, biar saya yang keluar,” ujar para siswa. (cw25)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *