SMAN 1 Seputihmataram Helat Perkemahan Siswa Baru

Radarlamteng.com, SEPUTIHMATARAM – Sebanyak 260 siswa baru SMAN 1 Seputihmataram, Lampung Tengah mengikuti kegiatan kepramukaan selama dua hari, yang dilaksanakan tanggal 19 dan 20 Juli 2019. Adapun, kegiatan kepramukaan ini untuk melantik pramuka penggalang ke pramuka calon penegak.

Tri Kartika Ningsih, S.Pd, MM, selaku Ka Gudep sekaligus pembina pramuka mendampingi Kepala SMAN 1 Seputihmataram Drs. I Made Tantra, MM, sekaligus sebagai Kama Bigus saat ditemui Radar Lamteng usai penutupan kegiatan perkemahan Sabtu (20/7/2019) mengatakan, bahwa pelaksanaan kegiatan kepramukaan bagi siswa baru untuk melatih mental serta fisik bagi siswa baru itu sendiri.

“Kegiatan kepramukaan ini merupakan kegiatan rutinitas tahunan bagi setiap siswa baru. Dan setiap siswa baru harus mengikuti kegiatan kepramukaan ini. Selain itu, kegiatan kepramukaan tersebut yakni diawali dengan pendirian tenda, upacara pembukaan, bakti sosial, karnaval, pendidikan kepramukaan, dan kegiatan keagamaan sesuai dengan kepercayaan masing-masing dengan waktu yang bersamaan,” ujarnya.

Tri Kartika menambahkan, pada hari pertama kegiatan di fokuskan pada kegiatan kepramukaan dengan berbagai permainan yang sifatnya mendidik. Seperti berlatih P3K, membuat tandu, dan mencari obat-obatan tradisional. Lalu, melakukan kegiatan heking serta kegiatan neniti tali diatas air dengan menggunakan tambang, sekaligus adu nyali.

“Setelah melaksanakan seluruh kegiatan kepramukaan, dilanjutkan pada puncak acara di malam api unggun. Pelaksanaan api unggun dilaksanakan di lapangan sekolah. Adapun, acara api unggun dilaksanakan pada malam terakhir kegiatan sekitar pukul 21.00 WIB di lapangan sekolah setempat. Lalu, dilanjutkan dengan acara renungan,” ucap Tri Kartika diamini Made Tantre. (bil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *