Jamaah Haji Kloter 5 asal Lamteng Diberangkatkan, Ini Pesan Bupati Loekman

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Sebanyak 402 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Lampung Tengah (Lamteng) secara resmi dilepas keberangkatannya menuju Tanah Suci oleh Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto, Rabu (10/7/2019).

Pelepasan berlangsung di halaman Rumah Dinas Wakil Bupati Lamteng, Kecamatan Gunungsugih. Ini merupakan keberangkatan perdana jamaah haji asal Lamteng tahun 2019. Mereka tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 5 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG).

Kepala Kemenag Lamteng Drs. Hi. Jamaluddin, MM., dalam laporannya menyatakan bahwa jumlah keseluruhan CJH Lamteng yang berangkat pada tahun 2019 sebanyak 1.353 orang. Terbagi dalam lima kloter.

Yakni kloter 5 (402 jamaah), kloter 37 (385 jamaah), kloter 50 (402 jamaah), kloter 58 (136 jamaah) dan kloter 64 (28 jamaah). “Untuk yang dilepas pada hari ini adalah jamaah kloter 5, yang juga keberangkatan pertama jamaah asal Lampung Tengah,” ujarnya.

Kemenag sebagai penyelenggara haji, lanjutnya, telah memberikan pembinaan dan bimbingan kepada seluruh jamaah serta petugas sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi. “Diantaranya bimbingan manasik haji, bimbingan kelompok di tingkat KUA, serta bimbingan kepada petugas. Baik bagi kepala rombongan atau kepala regu,” jelasnya.

Selain itu, diberi pembekalan kepada jamaah berupa koper, tas jinjing, dan tas paspor. Lalu seragam haji, jibab/lingkar peci, kartu kesehatan haji serta Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA). “Atas nama Kemenag saya ucapkan melaksanakan ibadah haji. Semoga diberi kelancaran dan kesehatan,” tukasnya.

Sementara, Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto usai melepas keberangkatan jamaah berpesan agar seluruh CJH Lamteng tetap menjaga kebersamaan dan rasa persatuan sebagai sesama jamaah haji dari Indonesia.

“Jalin komunikasi dan koordinasi dengan petugas penyelenggaraan haji agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kami ucapkan selamat jalan kepada seluruh tamu-tamu Allah yang tergabung dalam jamaah haji kloter 05 tahun 1440 Hijriah. Semoga dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah rukun Islam ke – 5 dengan baik, dan kembali ke tanah air dengan selamat dengan mendapatkan predikat haji mabrur dan mabrurah,” harapnya. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *