Gerakan Pramuka Gugus Depan Bustanul Ulum Gelar KMD

Radarlamteng.com, ANAKTUHA-Untuk membekali calon pembina pramuka tentang dasar-dasar pendidian yang ada dalam kepramukaan, serta garis besar cara membina dan mengelola satuan pramuka di gugus depan. Gerakan pramuka gugus depan Bustanul Ulum menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) eka pura ke 374, 375 dan 376 tahun 2019.

Bertempat di pondok pesantren (ponpes) pembangunan Bustanul Ulum Kampung Jayasakti, Kecamatan Anaktuha, Lampung Tengah (Lamteng). Kegiatan yang dilaksanakan dari Sabtu (6/7) hingga Kamis (11/7) dibuka oleh Ka Mabigus Kak Ratno Gani, M.A dan dihadiri Pimpinan Kursus dari Pelatih Cabang Kak Yasmid Sarnubi, S.Pd, M.Si beserta anggotanya dan Ketua Panitia Kak Lutfi Zamharir, S.Pd, I beserta panitia yang lain.

Dikatakan Ketua Panitia KMD, Kak Lutfi Zamharir, S.Pd, I untuk memenuhi kebutuhan pembina atau pendidik pramuka di gugus depan yang memiliki kelayakan dan kemauan serta keterampilan dibidang pramuka. Maka KMD seperti ini perlu dilakukan, bagi yang belum melakukan KMD.

”Dengan KMD mari siapkan generasi pembina pramuka Indonesia yang mumpuni, kreatif, inovatif dan berwawasan luas bersama pramuka Bustanul Ulum. Karena saya yakin syubbaanul yaum rijalul nggod (generasi hari ini adalah pemimpin dimasa depan), ujar Kak Lutfi Zamharir, kepada Radarlamteng.com, Senin (08/07/2019).

Lebih lanjut Kak Lutfi Zamharir mengatakan, dalam KMD kali banyak kegiatan yang dilaksanakan diantaranya ceramah, dinamika kelompok, diskusi, curah pendapat, pemecahan masalah dan masih banyak lagi lainnya. Seluruh kegiatan akan dilakukan baik materi dalam ruangan maupun out dor seperti penghayatan siaga, pengggalang, penegak dan outbond.

”Kami berharap, dengan adanya KMD ini peserta baik dari Gudep Bustanul Ulum serta pembina pramuka gudep sekitar sebanyak 95 orang mendapatkan pembekalan yang cukup dari pemateri. Apalagi peserta KMD ini, calon pembina pramuka digugus depannya masing-masing dengan keterampilan pendidikan pramuka dan pengetahuan teknis kepamukraan yang diperlukan bagi siswa peserta didiknya,” harapnya.

Maksud diadakannya KMD ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepramukaan, guna meningkatkan mutu dan kemampuan pembina dalam mengasuh peserta didik dan mengelola. Sehingga kualitas kepramukaan semakin meningkat. ”Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan KMD, semoga dapat terlaksana sesudai dengan apa yang kita harapkan,” pungkas Kak Yasmid Sarnubi.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *