Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan PHBS, Lamteng Raih Penghargaan Pakarti Utama 1

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Kampung Tulungkakan, Kecamatan Bumiratu Nuban yang merupakan perwakilan Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) dan Provinsi Lampung berhasil menjadi juara lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KKBPK-Kesehatan, kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional.

Atas prestasi itu, Lamteng diganjar penghargaan Pakarti Utama I yang diserahkan oleh Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada Ketua Tim Penggerak PKK Lamteng Hj. Ellya Lusiana Loekman pada acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 26, di gedung Mahligai Pancasila Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, Jumat (5/7/2019) malam.

Ellya Lusiana Loekman menjelaskan, dalam kategori PHBS ada 12 indikator yang dinilai. Yang menjadi unggulan dari PBHS di Lamteng, yakni Kampung Tulungkakan, terkait dengan upaya pengentasan kampung stunting melalui pendekatan berbasis keluarga.

“Salah satu fator penghargaan Pakarti Utama I di Lampung Tengah karena Lampung Tengah mampu menurunkan angka stunting dengan konsep pengembangan program kesehatan pola kemiteraan dan pendekatan berbasis keluarga,” ujar Lusiana, Minggu (7/7/2019).

Dia berharap penghargaan itu bisa menjadi motivasi terwujudnya keluarga yang berketahanan di Lamteng. Selanjutnya, akan menjadi wahana efektif dalam membentuk generasi yang berkualitas.

“Tentu kita patut bersyukur atas penghargaan ini. Semoga tahun depan kita bisa kembali mendapat juara dan tentunya kedepannya kita akan terus berusaha untuk lebih baik lagi,” tukasnya.

Sementara, Bupati Loekman Djoyosoemarto menambahkan, penghargaan tersebut dapat memotivasi TP PKK Lamteng agar terus melakukan yang terbaik bagi masyarakat Lamteng.

”Ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera,” ujar Bupati. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *