Kumpulkan KBIH, Kemenag Lamteng Imbau Jamaah Calhaj Lunasi BPIH dan Perekaman Biometrik

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Puluhan pengurus Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di Lampung Tengah (Lamteng) mengikuti sosialisasi pembinaan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lamteng, Rabu (20/3/2019).

Kepala Kantor Kemenag Lamteng Drs. Hi. Jamaludin, M.M., mengatakan pihaknya sengaja mengundang KBIH karena hampir 90 persen jamaah calon haji (calhaj) di Lamteng dibimbing oleh KBIH yang tersebar di berbagai kecamatan.

KBIH sendiri merupakan partner pemerintah dalam pelayanan ibadah haji. Yakni memberi bimbingan sebelum keberangkatan, mendampingi selama jamaah berada di Tanah Suci hingga mendampingi saat kepulangan. “Untuk di Lampung Tengah ada sembilan KBIH induk yang masih aktif,” ujar Jamaludin didampingi Kasi PHU, Hj. Emayani, S.Pd., M.Pd.I.,

Dalam kesempatan itu, Jamaludin menyampaikan tentang tahapan-tahapan haji. Untuk saat ini, jamaah calhaj dipersilahkan melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama yang sudah dibuka pada 19 Maret hingga 15 April. Sesuai Keppres Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penetapan BPIH ditetapkan sebesar Rp34.987.280.

Kemudian, jamaah calhaj juga sudah bisa melakukan perekaman biometrik di Provinsi Lampung. “Jadi tahapan-tahapan yang kita masuki ini, kita harapkan agar disampaikan kepada jamaah di bawah bimbingan KBIH masing-masing,” jelasnya.

Selanjutnya, pelunasan tahap dua akan dimulai 30 April hingga 10 Mei. “Tapi untuk pelunasan kedua diperuntukan bagi jamaah yang sudah berhaji, mahrom, lansia, jamaah cadangan dan jamaah yang gagal sistem saat pembayaran hari pertama,” bebernya.

Pihaknya menambahkan, estimasi jumlah jamaah calhaj yang akan berangkat tahun ini sebanyak 1.336 orang. Tercatat pelunasan tahap pertama di hari pertama tanggal 19 Maret 2019, sudah ada 213 jamaah di Lamteng yang melunasi BPIH,” jelasnya.

Menurut data, jamaah calhaj Lamteng yang bisa melakukan pelunasan, adalah pemilik nomor porsi sampai dengan 800.096.424.

“Kita harapkan jamaah yang memiliki porsi keberangkatan tahun ini segera melakukan pelunasan melalui bank-bank syariah yang telah bermitra dengan Kementerian Agama,” pungkasnya. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *