Akomodir Sarana Ibadah Umat Hindu, Lapas Gunungsugih-PHDI Lamteng Bangun Pura Dharmesti

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Lembaga Pemasyarakatan Gunungsugih, bekerjasama dengan Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Lampung Tengah (Lamteng) membangun Pura Dharmesti yang berlokasi di dalam lapas.

Peletakan batu batu pertama dilakukan Rabu (20/3/2019). Pembangunan pura, kata Kalapas Gunungsugih, Syarpani untuk memenuhi kebutuhan pembinaan rohani bagi narapidana dan pegawai yang beragama Hindu di dalam lapas yang selama ini belum terakomodir.

“Pagi ini kami melakukan peletakan batu pertama bangunan Pura Dharmesti bekerjasama dengan PHDI Lampung Tengah untuk memastikan seluruh umat Hindu baik petugas maupun narapidana dapat menjalankan ibadah di tempat yang telah disediakan oleh lapas. Ini membuktikan bahwa Kebhinekaan ada di Lapas Gunungsugih,” ujar Syarpani yang merupakan Alumnus Magister Hukum Universitas Padjadjaran.

Bapak tiga anak ini menyampaikan bahwa sebelumnya telah meresmikan blok santri untuk umat Muslim, pembangunan gereja dan perpustakaan untuk umat Nasrani demi memenuhi kebutuhan rohani bagi penghuni lapas.

Ketua PHDI Lamteng I Ketut Suwendra menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pembangunan pura di dalam lapas.

“Terima kasih kepada Kalapas Gunungsugih atas izin yang diberikan pembangunan pura, dengan harapan setelah bebas umat Hindu menjadi warga yang lebih baik dan lebih mengenal Tuhan,” ujar Ketut Suwendra.

Ketut Suwendra menyatakan bahwa berita pembangunan pura ini sangat viral di kalangan umat Hindu seluruh Indonesia.

“Ini langka sekali ya, ada pura di dalam lapas. Semoga kebaikan kita semua menjadi amal kepada Tuhan,” ujar staf khusus Bupati Lamteng ini. (rls/tka/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *