Dipusatkan di BRI Bandarjaya, KUR Lampung Tengah Disalurkan Rp1,9 M

Radarlamteng.com, BANDARJAYA – Kabupaten Lampung Tengah menjadi salah satu lokasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Peternakan Rakyat yang dilaksanakan serentak pada lima daerah lainnya di Indonesia, Sabtu (9/2/2019).

Pemerintah menyalurkan KUR melalui lembaga perbankan di Lampung Tengah dengan nilai Rp1,9 miliar kepada 12 debitur, Sabtu (9/2/2019) di halaman BRI Bandarjaya. Penyerahan bantuan permodalan bagi peternak secara simbolis dilakukan Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung Taufik Hidayat didampingi Pemimpin Cabang BRI Bandarjaya Ary Juwono dan sejumlah pemimpin perbankan lainnya.

Selain penyaluran KUR, pada saat bersamaan diserahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari lembaga perbankan berupa alat pencacah pakan dan bantuan lain bidang peternakan oleh Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah Kusuma Riyadi.

Menko Perekonomian Darmin Nasution dalam sambutannya, mengatakan, bahwa KUR sangat bermanfaat untuk masyarakat. Plafon maksimum KUR mencapai Rp500 juta. Bantuan permodalan itu diyakini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui bidang peternakan.

Seperti halnya peternakan sapi, kata Darmin Nasution, tidak memerlukan tanah luas. Dengan memanfaatkan halaman yang ada dapat dibangun kandang untuk beberapa ekor sapi.

Terlebih saat ini, lanjutnya, pemerintah telah menurunkan suku bunga KUR menjadi 7 persen. Penurunan suku bunga merupakan bentuk dukungan pemerintah dengan melakukan subsidi.

Terpisah, Pemimpin Cabang BRI Bandarjaya Ary Juwono mengakui Lampung Tengah merupakan daerah cukup luas dengan sektor peternakan yang besar.

Sektor peternakan, khususnya penggemukan sapi menjadi penyumbang besar. Diketahui, BRI Bandarjaya telah mengucurkan KUR usaha peternakan hingga mencapai Rp303 miliar.

“Kami sudah menyalurkan KUR Rp303 miliar kepada peternak di Lampung Tengah,” ujar Ary Juwono.(jar)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *