Lima Warga Seputihsurabaya Terserang DBD

Radarlamteng.com, SEPUTIHSURABAYA – Sejak Januari hingga awal Februari 2019, lima warga di Kecamatan Seputihsurabaya, Lampung Tengah (Lamteng) dinyatakan positif terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Jumlah tersebut yang tercatat di Puskesmas Seputihsurabaya dan telah diuji di laboratorium. Tapi tidak menutup kemungkinkan DBD menyerang lebih dari lima orang, namun tidak dilaporkan ke puskesmas setempat.

“Lima orang yang terkena DBD tersebut sudah kita tangani. Karena melaporkan kasus ke kami. Dan sekarang semuanya sudah sembuh,” ujar Kepala Puskesmas Seputihsurabaya, Suherlambang, Rabu (6/2/2019).

Kelima warga yang terkena DBD, berada di beberapa kampung. Bukan dalam satu lingkungan. Adalah Wiendy Anggit, warga Kampung Gaya Baru I; Inayah warga Kampung Gaya Baru 3; Ngadiran warga Kampung Gaya Baru 4; serta Imel dan Budi warga Gaya Baru 8.

Dia mengakui masih ada masyarakat yang terkena DBD namun tidak melaporkan kepada puskesmas. Namun, memang hal itu bukan suatu kewajiban. “Tidak harus melapor ke puskesmas. Tapi yang pasti melapor atau berobat ke tempat medis. Seperti bidan desa atau klinik kesehatan swasta terdekat,” bebernya.

Terkait hal ini pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Terutama dalam membasi sarang dan jentik nyamuk di lingkungan masing-masing. “Gerakan mencegah bisa dilakukan dengan 3 M plus. Menguras, menutup dan mengubur,” imbaunya.

Selanjutnya, jika menemukan warga yang mengalami sakit dan mengarah pada penyakit DBD segera dilaporkan. “Ciri umum orang terkena penyakit adalah demam tinggi selama dua sampai tiga hari. Lalu hari keempat dan kelim panas turun. Tapi itulah fase kritis. Jadi segera berobat ke dokter atau tenaga medis lainnya jika ada ciri-ciri tersebut,” pungkasnya. (rid)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *