Cegah DBD, Puskesmas Rumbia Siapkan Gertak PSN 3M Plus

Radarlamteng.com, RUMBIA – Puskesmas Rumbia, Lampung Tengah (Lamteng) dalam waktu dekat akan melaksanakan Gertak PSN 3M Plus tingkat kecamatan.

Gebrak PSN 3M Plus, menurut Kepala Puskesmas Rumbia, Gusti Yoga, M. Kes, adalah gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk dengan cara 3 M plus. Tujuannya untuk mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Setelah gertak di tingkat kabupaten, saya dan jajaran akan berkoordinasi dengan bapak camat untuk melakukan gertak PSN di Kecamatan Rumbia bersama masyarakat,” ujar dia, Jumat (8/2/2018).

Pihaknya sengaja melibatkan masyarkat dalam melaksanakan gerakan tersebut. “Sebab PSN 3M plus ini akan berhasil maksimal jika dilakukan serentak bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat,” bebernya.

Adapun yang dimaksud dengan 3M plus yakni Menguras minimal 1 minggu sekali tempat penampungan air; Menutup tempat penampungan air; Mengubur atau Mendaur ulang barang-barang bekas yang bisa menampung air; Plus menghindari gigitan nyamuk.

Sementara terkait kasus DDB di Rumbia, pihaknya menyatakan sejak awal Januari 2019 hingga saat ini belum ditemukan. “Untuk sementara wilayah Rumbia dari Januari hingga sekarang jumlah kasus DBD masih 0 (nol). Dari masing-masing klinik hanya ada demam dengue,” ucapnya.

Dia melanjutkan, penyakit DBD terus dipantau melalui petugas surveillance. “Dan antisipasi agar tidak berkembang dan membahayakan masyarakat dengan berbagai upaya tersebut. Kami butuh dukungan masyarakat dan stakeholder agar upaya pencegahan dan pemberantasan DBD dapat berhasil maksimal,” pungkasnya. (rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *