PLKB Gelar TKBK Safari Pemasangan Implant dan IUD

Radarlamteng.com, BANGUNREJO—Korluh KB dan empat Petugas Lapang Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Bangunrejo, Lampung Tengah (Lamteng), mengadakan kegiatan Tim KB Keliling (TKBK) atau safari pemasangan implant dan IUD dimulai di Kampung Cimarias dengan mendapatkan 14 apseptor.

Kegiatan serupa kembali dilakukan, kali ini bertempat di Klinik KB (KKB) atau Puskesmas Pembantu (Pustu) Kampung Tanjungaya, pelayanan KB tersebut dihadiri dan ditinjau langsung Korluh KB, Marjono, Kepala Puskesmas Bangunrejo, H. Eko Priyo Yuono, Kepala Pustu Tanjungjaya, Umaryati, Amd, Kep, kemudian pelaksana medis bidan Yanti Fitriyani, Amd, Keb. Selain itu, dari PLKB lainnya dari Kecamatan Bangunrejo seperti, H. Zen Kasimin, Sugito, Paeran, dan Kustini.

”Memang untuk mengakhiri tahun 2018 ini, kami bekerja sama dengan Puskesmas Bangunrejo dan Pustu Tanjungjaya melaksanakan pelayanan KB atau TKBK safari. Pelayanan KB yang kami berikan berupa pemasangan alat kontrasepsi berupa implant (susuk) dan IUD,” jelas PLKB, H. Zen Kasimin, kepada Radar Lamteng, Kamis (27/12).

Menurut Zen, antusias masyarakat dari Kampung Mekarjaya, Tanjungjaya, Sinarluas, Cimarias, Sinarseputih dan Sripendowo dalam pelayanan TKBK safari kali ini cukup tinggi. Salah satunya terbukti dari banyaknya masyarakat yang mengikuti pelayanan pemasangan implat dan IUD. Tercatat sedikitnya 42 apseptor berhasil dipasang implant dan 2 apsetor IUD.

”Kami mengucapkan banyak terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bidan kampung dan akseptor, dengan adanya pelayanan KB bagi masyarakat. Sehingga dengan adanya pelayanan KB ini, masyakarat bisa mengerti dan mengurangi angka kelahiran bagi warga yang sudah memiliki banyak anak,” ujar bapak dua anak tersebut.

Setelah sukses menggelar TKBK safari di Kampung Cimarias dan Pustu Tanjungjaya, pihaknya juga akan menggelar hal serupa di pustu Kampung Tanjungpandan pada Jumat (28/12) dan di Puskesmas Bangunrejo Sabtu (29/12). Untuk itu diharapkan warga yang akan memasang implant dan IUD bisa menghubungi kader di kampungnya masing-masing.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *