Camat Bangunrejo Ajak Warga Intensifkan Siskamling

Radarlamteng.com, BANGUNREJO – situasi keamanan wilayah kerjanya kondusif, Camat Bangunrejo, Lampung Tengah (Lamteng), H. A Rahman, S.Pd, M.M, mengajak masyarakat yang berada didaerah-daerah rawan, khususnya perbatasan kecamatan dan kampung tetangga untuk mengintensifkan kembali siskamling atau ronda malam.

Agar wilayahnya aman, untuk itu masyarakat dapat memperketat pengamanan dan menhidupkan ronda malam. ”Kami mengimbau dan diminta kepada seluruh kepala kampung (kakam) yang dibantu pamong serta warga sekitar, untuk dapat menghidupkan dan mengaktifkan kembali siskamling (roda malam) di kampungnya masing-masing. Sebab, memang sudah lama ronda malam tersebut tidak dihidupkan dan diaktifkan lagi ditingkat kampung dan memicu tindak pidana pencurian dan lainnya terjadi,” bebernya.

Dengan ronda malam digiatkan seperti ini, dihidupkan serta dijadwalkan kembali dan dilakukan dengan sungguh-sungguh secara bergantian. Dengan demikian ,hal-hal yang tidak diinginkan dari pelaku kejahatan di kampung-kampung tersebut akan dapat dikurangai bahkan tidak akan terjadi. Sebab, adanya kejahatan karena adanyanya kesempatan dan tidak adanya pengamanan dari mana pun.
Masih dikatakanya, untuk warga yang memiliki kendaraan roda empat maupun roda dua, agar dapat memarkirkan kendaraanya dengan baik dan benar saat berada didalam rumah maupun diluar rumah. Untuk mencegah dari para pencuri, sebab belakangan ini pencuri sering memanfaatkan kelengahan warga. Dan Membawa kabur sepeda motornya.

”Sehingga saat memarkirkan kendaraannya baik didalam maupun diluar ruangan, terutama diberikan kunci tambahan berupa gembok, rantai dan sebagainya, agar kendaraan aman dan tidak bisa diambil oleh para pencuri. Sebab, jika ada kunci tambahan pencuri susah untuk membawa sepada motor tersebut dan akan ketahuan terlebih dahulu saat berusaha mencurinya,” tuturnya.

Diharapkan, bagi kakam, sekkam, dan pamong kampung serta warga, agar dapat benar-benar melaksanakan imbauan tersebut dengan baik dan bisa menghidupkan siskamling serta membuat jadwalnya. ”Agar Kecamatan Bangunrejo, khususnya kampung-kampung yang ada, aman dan kondusif dari kejahatan pencurian dan perampokan. Selain itu bagi kakam dan pamong, supaya tetap waspada menjaga keamanan diwilayah kerjanya masing-masing” pungkas A Rahman, kepada Radar Lamteng, saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (22/11).(win)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *