Cegah Kuman Penyakit, Lamteng Kampanyekan CTPS

 

Radarlamteng.com, Bumiratu Nuban – Dinas Kesehatan Lampung Tengah (Diskes Lamteng) mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat yakni melalui Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Kampanye gerakan CTPS dilakukan Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto bersama Tim Penggerak PKK di Lapangan Kampung Tulungkakan, Kecamatan Bumiratunuban, Senin (19/11), bersamaan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Selain Bupati Loekman Djoyosoemarto, hadir pada kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Lamteng Ellya Lusiana Loekman, dan Plt. Kepala Diskes Lamteng dr. Lindawaty, M.M. serta sejumlah unsur kesehatan lainnya. Tema yang diusung pada kegiatan CTPS kali ini yakni tangan bersih pangkal sehat.

Lindawaty mengatakan, kampanye CTPS bertujuan untuk mengedukasi warga agar terbiasa melakukan aktifitas cuci tangan pakai sabun secara benar. Sehingga resiko munculnya berbagai penyakit yang disebabkan kontaminasi kuman melalui tangan dapat ditekan.

“Mencuci tangan yang benar dilakukan pada air yang mengalir. Bukan mencuci tangan pada wadah berisi air. Kemudian saat mencuci tangan harus menggunakan sabun untuk mematikan kuman kuman yang mungkin menempel pada tangan,” ujar Lindawaty.

Ia berharap kesadaran masyarakat untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun terus meningkat. Diskes Lamteng terus berupaya untuk menyosialisasikan gerakan CTPS kepada siswa sekolah. Tak kalah penting, masyarakat harus tetap menjaga sanitasi lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Sementara Bupati Loekman mendukung program CTPS yang terus dikampanyekan oleh Diskes setempat. Menurut Loekman, mencuci tangan menggunakan sabun merupakan hal yang baik untuk kesehatan. Karena seseorang yang akan mengonsumsi makanan akan terhindar dari kuman di tangan.

“Oleh sebab itu, saya sangat mendukung sekali CTPS ini bisa sukses di Lampung Tengah. Dengan demikian masyarakat Lampung Tengah akan selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Namun demikian, tetap menjaga pola hidup sehat dengan olahraga rutin,” kata Bupati Gotong-royong ini.(jar)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *