Camat Seputihmataram Slamet Winarto, S.IP, pimpin upacara HUT Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 di halaman SMPN 2 Seputihmataram. (foto Billy/ Radarlamteng.com )

Radarlamteng.com, Seputihmataran – Kecamatan Seputihmataram, Lampung Tengah memperingati hari Sumpah Pemuda ke-90, tahun 2018. Upacara HUT Sumpah Pemuda tersebut bertempat di halaman SMPN 2 Seputihmataram, Senin (29/10).

Camat Seputih Mataram Slamet Winarto, S.IP, sekaligus selaku inspektur upacara dalam sambutannnya menyampaikan, bahwa peringatan hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 bertema “Bangun Pemuda, Satukan Indonesia”. Ada tiga karakter dan kapasitas yang perlu dikapitalisasi setiap generasi muda untuk memenangi pertarungan masa depan sekaligus dalam mewujudkan mimpi Indobesia.

“Pertama, diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi. Kedua, kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni. Ketiga, karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional,” ucap camat.

Dikatakannya, gagasan ini untuk mengimplementasikan komitmen ini berpedoman pada nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan melalui sebuah manifestasi sikap pemuda Indonesia untuk mengisi serta menjawab berbagai peluang dan tantangan bangsa Indonesia saat ini dan yang akan datang.

“Pada perspektif yang sama, undang-undang juga menggaris bawahi peran pemerintah atau masyarakat dalam pelayanan kepemudaan untuk menciptakan pemuda yang maju, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing,” imbuhnya.

Demikian, lanjut Slamet, mudah-mudahan dapat menjadi instrumen untuk mengkoordinasikan teknis pelaksanaan kegiatan peringatan hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018, yang dilakukan para stakeholders terkait, mendesiminasikan tema besar peringatan dengan tematik tersebut tadi dalam konteks gerakan revolusi mental. (bil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *