Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto saat melakukan paner raya cabai merah bersama petani Kecamatan Kalirejo. Foto Dendi/Radarlamteng.com

Radarlamteng.com, Kalirejo – Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto, pada (24/10), melaksanakan panen raya cabe merah di Kampung Sripurnomo Kecamatan Kalirejo bersama petani setempat. Secara langsung Loekman turut memetik buah cabe hasil budidaya para petani yang ada di kampung tersebut, yaitu seluas 5 hektar.

Dari luasan tanaman cabe tersebut, rata-rata hingga pelaksanaan panen raya itu para petani sudah memetik 9 kali dari rencana 14 kali petik dalam semusim tanam. Kemudian, secara umum kondisi tanaman cabe juga dalam keadaan baik serta dengan buah yang baik serta cukup membanggakan

Sebelum melaksanakan panen raya cabe merah bersama petani, Loekman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi serta rasa bangganya terhadap keberhasilan para petani dalam menanam cabe hingga dapat memanen hasil tanamannya.

“Atas nama pemerintah Kabupten Lampung Tengah, saya merasa bangga atas keberhasilan para petani khususnya yang ada di Kampung Sripurnomo ini dalam menanam cabe hingga dapat melaksanakan panen dengan kondisi tanaman dan buah yang baik serta harga jual yang juga masih cukup baik. Dengan panen raya ini, setidak-tidaknya hingga kedepan, kebutuhan masyarakat khususnya Kecamatan Kalirejo terhadap bahan pokok cabe dapat terpenuhi. Sebab cabe memang pada saat-saat tertentu sering menjadi masalah secara nasional, seperti masalah kekurangan stok barang maupun masalah harga. Oleh karenanya dengan keberhasilan tersebut, apa yang menjadi masalah tersebut dapat teratasi,” jelas Loekman.

Masih dikatakannya bahwa pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, akan terus mensuport para petani cabe, baik dalam bentuk pembinaan maupun dalam bentuk bantuan lainnya, sehingga produksi cabe merah akan tetap stabil baik dalam kwantitas maupun kwalitas. Dengan demikian harga dapat terus terjaga dengan baik yang pada akhirnya kesejahteraan petani dapat lebih baik dan lebih meningkat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Loekman juga berkenan menyerahkan bantuan awal kepada para petani setempat yang tergabung dalam gabungan kelompok tani (Gapoktan) Al Barokah Kampung Sripurnomo. Adapun bantuan awal tersebut 4berupa alat mesin pertanian (Alsintan) yaktu mesin pompa air dan kompor pembasmi hama tikus. Kedepan, Loekman menyampaikan bahwa pihaknya akan memfasilitasi adanya bantuan berupa sumur bor dan kendaraan Tracktor sebagai upaya untuk meningkatkan produktifitas petani setempat.

Hadir dalam acara panen raya cabe merah tersebut beberapa pejabat pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, diantaranya Kadis Pertanian Tanaman pangan Holtikultura, Lamteng, Rusmadi. Kemudian Camat Kalirejo, M. Saleh P.S, S.Sos., MM. beserta jajaran Forkompincam dan dinas/instansi terkait, para kepala kampung se-Kecamatan Kalirejo, tampak juga AnggotĂ  DPRD Kabupaten Lampung Tengah dari Fraksi PDIP, Wahyudi. (den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *