Kampanyekan Bahan Pangan Nonberas

Lomba Cipta Menu tahun 2018

RADARLAMTENG.COM, GUNUNGSUGIH – Sebanyak 28 kecamatan se-Lampung Tengah (Lamteng) mengikuti Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) tahun 2018, Rabu (12/9). Kegiatan lomba yang dipusatkan di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak Gunungsugih itu dihadiri Wakil Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati (Wabup) Loekman Djoyosoemarto menjelaskan, Lamteng kaya akan bahan pangan untuk dikonsumsi yang tersebar di 28 kecamatan. Hal itu sesuai dengan tema lomba yakni tentang pangan yang baik adalah pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Ketergantungan pada satu jenis bahan pangan seperti beras, dinilai Loekman, perlu dikurangi dengan memanfaatkan bahan pangan lain. Sebab, bahan pangan lain memiliki nilai gizi yang tak kalah cukup baik dengan beras.

Berkaitan dengan kegiatan pemerintahan di Lampung Tengah, Loekman meminta bisa menyuguhkan makanan berbahan pangan lokal. “Semua kegiatan pemerintahan diharapkan bisa menyuguhkan makanan berbahan pangan lokal. Termasuk acara di kampung, kalau ada kegiatan harus memanfaatkan pangan lokal,” kata Loekman.

Kemudian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat memfasilitasi Kelompok Wanita Tani (KWT) yang sudah terlatih agar bisa dikerjasamakan dengan dunia usaha, sehingga produk mereka bisa dipasarkan dengan baik.

Terpisah Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lamteng Jumali menjelaskan, tujuan Lomba Cipta Menu dengan memanfaatkan pangan lokal yakni untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman. Disamping itu, mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu berbasis sumber daya lokal.

“Kegiatan ini juga untuk mendorong penggunaan bahan pangan lokal seperti umbi-umbian untuk berbagai olahan makanan. Dengan demikian, akan berdampak terjadinya penurunan konsumsi beras,” kata Jumali.

Adapun bahan pangan non beras yang diperbolehkan digunakan saat lomba yaitu, seperti buah labu, ketela, kentang, singkong, jagung dan jenis pangan lokal lainnya. Bahan pangan itu kemudian diolah menjadi berbagai aneka kue.

Seperti diketahui, Lomba Cipta Menu merupakan agenda rutin tahunan yang selalu digelar di Lamteng. Pemenang lomba di tingkat Kabupaten Lamteng akan diikutsertakan ke tingkat Provinsi Lampung. (Jar)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *