Lewat Nusantara Sehat, Lamteng Usulkan Kekurangan Tenaga Kesehatan

RADARLAMTENG.COM, GUNUNGSUGIH – Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) diketahui masih banyak kekurangan tenaga kesehatan di puskesmas. Melalui program Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan setempat mengajukan usulan penugasan khusus untuk semua puskesmas se-Lamteng tahun 2019.

Saat ini Dinas Kesehatan masih mendata kekurangan tenaga kesehatan di masing-masing puskesmas. Karena setiap puskesmas berbeda-beda kebutuhan tenaga kesehatannya.

“Tapi, lebih cenderung kekurangan tenaga analis kesehatan, petugas laboratorium, farmasi, dan dokter gigi. Kalau bidan sudah cukup banyak. Nah, sebagian besar kita kekurangan tenaga itu,” kata Kasi SDM Ali Subagiyo, SST, Ners, mendampingi Kabid Sumber Daya Kesehatan dr. Lidia Dewi dan Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr. Lindawaty, Selasa (7/8).

Kendati masih kekurangan tenaga kesehatan untuk beberapa kategori, Ali Subagiyo, mengatakan, pelayanan kesehatan di puskesmas tetap berjalan. Usulan program Nusantara Sehat ke Kementerian Kesehatan bertujuan agar pelayanan kesehatan sesuai dengan standar mutu.

Melalui usulan penugasan khusus program Nusantara Sehat, Ali Berharap, mampu diakomodir Kementerian Kesehatan. Sehingga, kekurangan sumber daya manusia di bidang kesehatan dapat terpenuhi.

Terpisah, Lidia Dewi menambahkan, bahwa program Nusantara Sehat telah berlangsung sesuai dengan SK Bupati Lamteng tahun 2012 hingga saat ini. Tenaga kesehatan yang ditugaskan ke Lamteng merupakan dropping dari Kementerian Kesehatan dan bertugas selama dua tahun.

“Semua honor tenaga kesehatan program Nusantara Sehat itu langsung dari Kementerian Kesehatan dan kami tidak tahu besarannya berapa. Karena mereka hanya diperbantukan di puskesmas. Tahun ini rencananya kita mengusulkan kembali ke Kementerian Kesehatan,” kata Lidia Dewi.

Program Nusantara Sehat kategori individual dengan menempatkan tenaga kesehatan berada di enam puskesmas Lamteng. Rinciannya, Puskesmas Kesumadadi (Kecamatan Bekri), Puskesmas Sendangagung, Puskesmas Karanganyar (Selagailingga), Puskesmas Haji Pemanggilan Anakntuha, Puskesmas Sukobinangun (Wayseputih), Binakarya Utama (Kecamatan Putra Rumbia).

Sedangkan total tenaga kesehatan pada enam puskesmas penerima program Nusantara Sehat ada 10 orang dengan berbagai kategori, seperti dokter, perawat, farmasi, dan ahli gizi.(jar)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *