Melalui Halal Bihalal SD IT Smart Insani Bandarjaya Ajak Siswa Lestarikan Tradisi Silaturahmi

Radarlamteng.com, TERBANGGIBESAR – SD IT Smart Insani Bandarjaya, Kecamatan Terbanggibesar Lampung Tengah (Lamteng) mengajak siswa juga dewan guru untuk melestarikan tradisi bersilaturahmi sebagai bagian budaya bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi nilai saling menghormati dan menghargai antar umat beragama. Hal ini dituangkan dalam rutinitas perhelatan halal bihalal pada setiap Idulfitri.

Bertempat di pelataran halaman sekolah yang ada dijalan Imam Bonjol Kelurahan Yukumjaya, seluruh siswa dari kelas 1-6 dan guru beserta Kepala Sekolah saling bersalaman dan meminta maaf. Selain itu siswa juga diajak menikmati kue lebaran bersama-sama yang dibawa guru dan siswa.

Kepala SD IT Smart Insani Bandarjaya Sunarti,S.Pd mengutarakan halal bihalal Idulfitri merupakan serangkaian kegiatan mulai dari Gebyar Ramadan yang diisi dengan tasmi’ Qur’an, pentas Islami anak, dan berbagi kepada warga sekitar. 

“Program berbagi dibulan Ramadan dengan dana dari infak anak-anak untuk kemudian dibagikan oleh guru dan siswa kepada warga kurang mampu disekitar sekolah. Selanjutnya mengadakan halal bihalal di sekolah, yang dilakukan dengan bermaaf-maafan sesama teman dikelas dan teman dikelas yang lain, kemudian dilanjutkan dengan dewan guru,” urai Sunarti.

Halal bihalal, lanjutnya ditujukan guna mengajarkan kepada anak-anakĀ  supaya saling memaafkan dan melestarikan tradisi berkunjung atau bersilaturahmi dalam lingkup sekolah atau kelas. Diharapkan tradisi silaturahmi akan terjaga dalam ukhuwah islamiah, anak-anak juga akan tertanam rasa saling peduli dengan berbagi kepada warga yang membutuhkan. (sci/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *