Bupati Lamteng Musa Ahmad Resmikan Pelayanan Stroke, Diabetes dan Dental Centre RS YMC

Radarlamteng.com, TERBANGGIBESAR – Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Hi.Musa Ahmad,S.Sos membuka peresmian pelayanan Stroke, Diabetes dan Dental Centre Rumah Sakit Yukum Medical Centre (RS YMC), Rabu (29/06) yang bertempat dilokasi area rumah sakit setempat, jalan Negara Yukumjaya Kecamatan Terbanggibesar.

Komisaris PT Mitra Medical Centre (PT MMC) Lamteng Ir.Hi Mahfud Santoso,M.M menyampaikan dibukanya fasilitas pelayanan Stroke, Diabetes dan Dental Centre RS YMC ini karena adanya grafik peningkatan pasien yang mengalami sakit stroke mencapai 1.616 pasien perbulan, kemudian pasien diabetes mencapai 875 perbulan dan juga sakit gigi 896 pasien perbulan.

” Dibukanya fasilitas pelayanan ini, jelas Mahfud juga ditujukan untuk mencapai peningkatan pelayanan kesehatan di RS YMC dapat menjadi Rumah Sakit Terbaik guna mendukung program Pemerintah Daerah Lamteng untuk menjadi Kabupaten Terbaik di Provinsi Lampung.

Pelayanan Stroke, Diabetes dan Dental Centre dilengkapi dokter spesialis dibidangnya dan alat kesehatan yang satu-satunya baru ada di Lamteng yakni di RS YMC seperti Extracorporeal Shock Wave Lithotrispy (ESWL) atau alat pemecah batu ginjal adalah terapi dibidang urologi untuk menghancurkan batu ginjal dengan menggunakan gelombang kejut,” jelasnya dimana fasilitas alat kesehatan ini juga didukung oleh BPJS Kesehatan Cabang Metro.

Pada kesempatan tersebut Mahfud juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Lamteng Musa Ahmad atas perhatian yang tinggi dalam pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Pemimpin daerah yang sangat peduli terhadap masalah kesehatan, dan terus berjuang bagaimana masyarakatnya dapat hidup sehat dan sejahtera. Bupati yang sangat tanggap darurat dan sigap hingga turun langsung tanpa mengenal waktu.

Direktur RS YMC dr Emi Sulistiyani juga berharap fasilitas ini dapat menjadi pelayanan yang maksimal, paripurna dalam membantu masyarakat tanpa harus sulit pergi ke Bandar Lampung untuk berobat sakit stroke, diabetes dan dental. “Alat kesehatan yang menunjang seperti ESWL juga sangat dibutuhkan oleh 7 Kabupaten lain disekitar Lamteng sehingga nantinya dapat berkontribusi juga untuk masyakarakat di luar daerah,” harap Emi.

RS YMC terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Hal ini juga diwujudkan d ini masa pendemo Covid 19, RS YMC dipercaya oleh Dinas Kesehatan Lamteng menjadi satu-satu rumah sakit di Lampung Tengah dengan mampu dalam penanganan pasien rawat terbesar dan rujukan pasien terbanyak dari beberapa kabupaten lain di Provinsi Lampung.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Metro dr.Wahyudi Putra Pujianto mengatakan Pelayanan Stroke, Diabetes dan Dental Centre RS YMC ini merupakan produk terbaik yang akan sangat dibutuhkan masyarakat.

” Di Lamteng saat ini mencapai 70% yang telah terdaftar sebagai peserta JKN/KIS, dan masih sekitar 400 ribu yang belum terdaftar.Daerah yang sudah mencapai Universal Health Coveragge (UHC) yakni berdasar peraturan presiden no 1 tahun 2022 yang berisi bahwa seluruh rakyat Indonesia sudah memiliki jaminan kesehatan yang diturunkan ke masing-masing kota/kabupaten sebesar 95% hingga tahun 2024.

Jika kepesertaan masyarakat kata ia sudah mencapai 95% maka akan sangat membantu memberikan pelayanan yang lebih mudah bagi masyarakat tanpa harus lebih lama menunggu aktifnya kartu JKN/KIS.Diharapkan dengan adanya produk pelayanan terbaru di RS YMC akan menjadi sarana bagi masyarakat yang berobat tapi belum mendaftar sebagai peserta JKN/KIS bisa langsung daftar,” urai dr Wahyudi.

Bupati Musa Ahmad melihat hadirnya fasiltas pelayanan Stroke, Diabetes dan Dental Centre di RS YMC sangat besar berkontribusi dalam upaya membantu masyarakat mendapatkan penanganan kesehatan. Diharapkan bersama RS YMC serta dunia usaha yang ada di Lamteng akan bersinergi dalam mencapai Lamteng menjadi UHC dengan regulasi dana APBD dan CSR kepesertaan JKN/KIS diakhir tahun 2022 akan terwujud.

” Kami dari pemerintah daerah akan mendukung RS YMC guna bersama-sama memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Saya menghimbau kepada masyarakat di Lampung Tengah dan sekitarnya yang menderita sakit stroke, diabetes dan sakit gigi untuk dapat memberdayakannya dengan cukup datang ke RS YMC,” ajaknya.

Hadir pada kegiatan tersebut Komisaris PT MMC Ir.H Musawir Subing,M.M. Ketua PWRI Lamteng Loekman Djoyosumarto, Kepala Dinas Kesehatan Lamteng dr.Otniel Sriwidiatmoko jajaran Direktur Rumah Sakit di Lamteng, lalu Camat Terbanggibesar Periyansyah,S.H dan Lurah Yukumjaya Iqbal.(sci/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *