Program TMMD Tahun 2022 di Rumbia Resmi Dibuka, Ini Sasarannya

Radarlamteng.com, RUMBIA – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun 2022 di wilayah kerja Kodim 0411/KM resmi dibuka.

TMMD tahun ini ditempatkan di dua kampung Kecamatan Rumbia. Yakni Kampung Binakarya Utama dan Kampung Restu Buana.

Pembukaan TMMD dilakukan di Balai Kampung Binakarya Buana oleh Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, Rabu (11/5/2022).

Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono menyampaikan bahwa TMMD adalah operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan pemerintah daerah serta komponen bangsa lainnya.

Sasaran pada program TMMD adalah membangun sarana fisik dan non fisik. Diantaranya pembuatan badan jalan

Kemudian sasaran non fisik yakni sosialisasi dan penyuluhan program pemerintah serta layanan kesehatan secara gratis.

“Selain untuk menciptakan infrastruktur, TMMD yang melibatkan TNI AD, AU dan AL serta Polri ini juga untuk menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyatnya,” kata dandim.

Harapan dari program TMMD, harus bermanfaat bagi masyarakat dan mampu membantu kesulitan-kesulitan yang selama ini dirasakan oleh masyarakat setempat.

“TMMD bertujuan mempercepat pelaksaan pembanggunan daerah demi lebih mensejahterakan masyarakat di daerah sesuai sasaran TMMD, serta sebagai upaya mempererat kemanuggalan TNI dengan rakyat,” ucapnya.

Dandim menambahkan bahwa untuk sasaran fisik di Kampung Binakarya Buana yakni pembuatan badan jalan.

Rinciannya, di dusun 1 dan 3 sepanjang 900 meter, kemudian 320 meter di dusun 8, dan 1.000 meter di dusun 6. Lalu perkerasan jalan (onderlagh) 1.800 meter di dusun 8.

Lalu di Kampung Restubuana sasarannya adalah membuat badan jalan sepanjang 1.500 meter, lalu onderlagh sepanjang 2.500 meter serta 1 gorong-gorong yang semuanya berada di dusun 5.

Lalu untuk sasaran non fisik yakni sosialisasi stunting, posyandu, posbindu, lalu penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara dan siskamling.

Bupati Lamteng Musa Ahmad mengapresiasi kegiatan TMMD yang dilaksanakan Kodim 0411/KM.

“Tentu saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Di mana, mampu melaksanakan pekerjaan fisik yang cukup banyak dengan anggaran yang sedikit,” katanya.

Bupati Musa Ahmad sangat menyambut baik dan mengucapkan terimakasih yang sebesar -besarnya kepada TNI Khususnya Kodim 0411/KM dan seluruh komponen yang terkait baik masyarakat yang terkait dalam kegiatan TMMD Ke-113 di Wil Lamteng ini.

“TMMD ini merupakan kegitan Bhakti TNI yang di laksanakan sebagai upaya pembanggunan salah satunya untuk memajukan di Kabupaten Lamteng,” katanya.

Selama ini, menurut Bupati Musa TNI dikenal sangat dekat dengan rakyat, menyatu dan melebur dengan rakyat, membangun semangat nasionalisme dan menghidupkan semagat gotong royong ini adalah salah satu wujud pembinaan teritorial dan merupakan bentuk sinergi antara kab Lamteng ini.

“Saya menghimbau kepada seluruh elemen yang terlibat pada TMMD Ke-113 untuk kebersamaan, ke harmonisan dan sinergitas untuk masyarakat agar dapat optimal,” ajak Musa.

Camat Rumbia, Eri Leonara didampingi Pj Kakam Binakarya Buana I Nengah Retono menyampaikan terima kasih kepada Bupati Lamteng, TNI, Polri dan unsur lainnya yang terlibat dalam TMMD.

Menurutnya, hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karena bisa membangun sarana fisik tanpa menganggarkan dari alokasi dana desa atau alokasi dana kampung.

“Tentu kita berterimakasih. Karena tanpa menganggarkan baik dari ADD atau ADK, bisa terbangun sarana fisik yang akan membawa manfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Turut hadir dalam pembukaan TMMD, yakni Ketua DPRD Lamteng Sumarsono, perwakilan Danlanal dan Danlanud Lampung, serta jajaran pejabat eselon II Pemkab Lamteng. (adv/sci/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *