Launching Aplikasi Berjaya Tax, Permudah WP Bayar Pajak

Radarlamteng.com, GUNUNGSUGIH – Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Lampung Tengah meluncurkan aplikasi Berjaya Tax, Rabu (7/4/2021). Ini merupakan aplikasi pembayaran pajak daerah secara online.

Kepala BPPRD Lamteng Madani mengatakan, dilaunchingnya aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak, mempermudah aksesibilitas pelayanan publik, serta mewujudkan pelayanan yang transparan dan akuntabel. Sehingga optimalisasi pendapatan daerah dapat tercapai.

Penggunaan aplikasi pajak daerah online ini mencakup beberapa hal. Diantaranya pengembangan aplikasi transaksi untuk 11 item pajak daerah dilakukan secara online dan realtime dan integrasi data BPHTB ke BPN serta notaris.

Selanjutnya, wajib pajak dapat melakukan pelaporan pajak dan pembayaran E-SSPD secara online. Kemudian penggunaan air bawah tanah oleh wajib pajak dapat secara langsung terekam secara realtime dan dipantau penggunaannya melalui aplikasi berbasis QR Code dan kamera CCTV.

Sementara, OPD yang mengelola retribusi dan pendapatan lainnya dapat melakukan entri secara langsung terhadap laporan realisasi melalui web aplikasi online. Lanjutnya, pengembangan pembayaran pajak daerah melalui merchant payment (Go-pay Alfamart Indomaret Tokopedia Bukalapak dan lain-lain).

”Aplikasi ini juga terintegrasi pembayaran ke Bank Lampung untuk 11 pajak daerah dan integrasi NIK KTP elektronik dalam layanan lingkup tugas BPPRD Lampung Tengah.

Menurut Madani, lahirnya aplikasi ini tidak lepas kerja sama antara BPPRD Lampung Tengah dengan PT. Bank Lampung dan PT. FTF Globalindo.

”Aplikasi ini merupakan program unggulan dalam pengelolaan pajak daerah di Kabupaten Lampung Tengah, untuk meningkatkan kinerja yang efektif, efisien, akuntabel dan transparansi serta menghindari human error. Pengelolaan pajak sangat memerlukan dukungan dan kepedulian partisipasi dari semua pihak, baik dari aparatur pemerintah, pihak swasta dan seluruh masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, sambutan Bupati Lampung Tengah yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah Nirlan, S.H., M.M bangga atas peluncuran aplikasi Berjaya Tax karena memudahkan dalam pembayaran pajak dan harapannya dengan inovasi, integrasi, komunikasi serta pelayanan yang lebih baik, maka kinerja BPPRD khususnya pemerintah daerah pada umumnya terus ditingkatkan agar kepercayaan masyarakat dan partisipasi masyarakat juga meningkat. Sehingga akan meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak dan pelayanan publik akan lebih baik lagi. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *