Pameran Bonsai di Punggur, Dapat Antusias hingga Luar Daerah

Radarlamteng.com, PUNGGUR – Dalam rangka mempererat tali silaturahmi, Perkumpulan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Lamteng menggelar pameran bonsai lokal.

Pameran digelar selama tiga hari, berlangsung di halaman Gedung Serba Guna (GSG) Kampung Tanggulangin, Kecamatan Punggur, Lampung Tengah (Lamteng).

Tak ayal pameran yang dibuka pada Sabtu (7/9/2019) itu berhasil menarik perhatian pecinta bonsai dari beberapa daerah seperti Madura, Bogor, Jakarta, Tanggerang, Bandar Lampung dan daerah lainya.

Wakil Ketua PPBI Lamteng, Broto Subagio, SH., menjelaskan bahwa, pameran yang diadakan bertujuan untuk semakin mempererat tali silaturahmi antara pecinta bonsai. Baik yang ada di Lampung maupun dari luar Lampung.

“Kita adakan pameran lokal ini, pertama untuk semakin mempererat tali silaturahmi serta untuk memperkenalkan manfaat positifnya bonsai kepada masyarakat. Khususnya masyarakat yang ada di Lamteng. Alhamdulillah ternyata pameran kita mampu menarik perhatian dari teman-teman pecinta bonsai dari luar daerah,” terang Broto.

Broto menambahkan, pameran bonsai dihasilkan dari bahan-bahan yang ada di sekitaran yang masih banyak diabaikan dan tidak di manfaatkan oleh sebagian orang.

“Ini bisa dikatakan ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif itu yang kita olah dari bahan-bahan yang tidak bernilai menjadi bernilai,” tambahnya.

Dirinya berharap diadakannya pameran bonsai lokal, masyarakat dapat lebih mengenal serta memahami manfaat dari tanaman unik tersebut.

“Kami berharap kedepan, untuk penggemar bonsai khususnya di Lampung, tetap bisa menjaga silaturahmi. Tetap terus berjuang untuk kreatifitas karya seni bonsainya dan menjadikan Lampung ini menjadi produsen bahan-bahan bonsai yang berkualitas,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Tanggul Angin, Rumiati, SE., mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi adanya pameran lokal bonsai tersebut. Terlebih kepada PPBI Ranting Kecamatan Punggur yang baru saja terbentuk.

“Saya selaku kakam tentunya sangat mendukung kegiatan ini, sebab ini merupakan ajang untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa pohon yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual yang tinggi,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung terpilih periode 2019-2024, Fraksi Partai Demokrat Ir. Midi Iswanto, MH sangat mendukung pameran tersebut.

“Tentu ini adalah suatu potensi yang dimiliki masyarakat Lamteng. Khususnya di wilayah Punggur. Kita sebagai pejabat publik tentunya akan terus mensuport dan mendukung penuh untuk menonjolkan potensi-potensi yang kita miliki ini,” ungkap Midi

Menurut Midi, sebagai wadah ekonomi kreatif anak muda dalam membudidayakan bonsai diharapkan dapat menjadi perhatian dari pemerintah daerah.

“Saya berharap pemerintah kampung dan pemerintah daerah dapat memberi perhatian lebih untuk semakin menonjolkan potensi yang ada, sebagai aset produk yang dapat ditampilkan baik di tingkat provinsi maupun nasional. Serta dapat dapat dijadikan warga binaan dari dinas terkait,” pungkasnya. (cw29/rid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *